Sabtu, 15 November 2008

LAPORAN PKDS V TANAHDATAR DI KECAMATAN SALIMPAUNG

SHARE

Ahad, 12 Juli 2009

Sejak Jum'at, 10 Juni sampai Ahad, 12 Juli 2009 lalu PKDS V (Perkampungan Didikan Subuh) ke-5 Kabuaten Tanah Datar di gelar di Kecamatan Salimpaung. Tepatnya di nagari Sumaniak. PKDS ini adalah kegiatan rutin yang telah di gelar sejak tahun 2005. Biaya kegiatan diambil di APBD yang sudah dianggarkan oleh Bupati serta bantuan Camat dan KUA serta masyarakat.

Pada hari Jum'at 10 Juli, kegiatan dimulai dengan penyambutan kafilah dari masing-masing kecamatan di Posko Panitia di Kantor Walinagari Sumaniak, Balai Ahad. Masing-masing Kafilah di inapkan di rumah-rumah penduduk. Setelah shalat isya dilanjutkan dengan acara pembukaan PKDS V di Masjid Jamik Sumanik.


ACARA PEMBUKAAN

Pada acara pembukaan hadir Kakandepag Tanahdatar, Bupati Tanahdatar, Ketua DPRD Tanahdatar, Seluruh KUA se kabupaten Tanahdatar, Camat Salimpaung, Ketua LDS Tanahdatar ditambah 14 kafilah dari 14 kecamatan.

Dalam laporannya, ketua Panitia Pelaksana, Drs. Oktriadi menyampaikan bahwa Sumaniak sangat bermasalah dengan air, Air PAM yang masuk ke Kampung tidak mencukupi kebutuhan warga, kemudian kondisi jalan lingkar Sumaniak sudah pecah-pecah dan berlobang. Mohon perhatian Bupati. Kondisi rumah pondokan kebanyakan adalah rumah tinggal yang sudah lama tidak dihuni pemiliknya, mohon maaf bila listrik dan lantai rumah yang kurang kondusif, tetapi panitia akan selalu siap untuk melayani.


Ketua LDS Tanah Datar, Drs. Maswardi juga menyampaikan bahwa yang hadir sekarang adalah dari 14 kafilah. Masing-masing kafilah berjumlah 52 orang. sekitar 800-san orang hadir di Sumaniak malam ini.

Kemudian KaKandepag H. Alkafari , S.Ag tampil menyemangati santri DDS dengan takbir diatas podium masjid. Pas sekali dia melakukannya karena memang dia adalah orang Didikan Subuh juga. Kemudian Kakandepag mengabsen seluruh KUA dan ternyata lengkap hadir.

Sedangkan Ketua DPRD Tanahdatar Ir. Asrul Nurhasan menyampaikan dalam sambutannya bahwa; kecamatan Tanjung baru hampir setiap bulan mengadakan Didikan Subuh Gabungan dan selalu pula mengundang Ketua DPRD. "Kecamatan yang lain saya tidak tahu, atau mungkin ada menggelarnya, tetapi tidak mengundang Ketua DPRD" guraunya. Kemudian Ir. Asrul Nurhasan menawarkan 7 karakter membentuk pribadi muslim yang ideal. Yaitu: 1. Jujur 2. Bertanggung jawab. 3. sioner. 4. Disiplin. 5. Adil 6. Peduli 7. Bekerja sama. Ir. Asrul Nurhasan juga berterimakasih dan mohon maaf kepada masyarakat, karena mulai tanggal 14 Agustus mendatang bersama Ketua LDS Drs. Maswardi sudah tidak lagi menjadi anggota DPRD Tanahdatar.

M. Sadiq Pasadique, Bupati Tanah Datar, dalam sambutannya menyampaikan permohonan ma'af atas keterlambatan, karena cukup banyak masalah kabupaten yang mesti di selesaikan. Dan dia juga mohon dukungan masyarakat dalam memimpin, dan mengharapkan profesionalitas kerja dari aparat daerah dalam menyukseskan acara ini. Dan ucapan terimakasihnya kepada Masyarakat Sumaniak atas pemondokannya dan kafilah supaya di hari raya dapat kembali bersilaturrahmi kembali ke Sumaniak. Pemerintah kabupaten akan selalu mendukung kegitan PKDS ini dan telah dianggarkan melalui APBD pada setiap tahunnya. Masalah jalan dan air Sumaniak akan segera diatasi dan dicarikan jalan keluarnya oleh Bupati bersama masyarakat. Mudah-mudahan diantara kafilah kita ini ada yang maju di MTQ tingkat Propinsi di Lubuak Sikaping pada tanggal 5 Agustus nantinya. Bailah dengan mengucapkan bismillahirrahmaniraahim acara PKDS V Kabupaten dibuka secara resmi.

Kemudian acara dilanjutkan dengan penyerahan tropi bergilir dari Juara umum tahun lalu yaitu kecamatan Batipuh kepada Bupati dan kemudian Bupati menyerahkannya lagi kepada Panitia. dan acara Pembukaan ditutup dengan do'a yang dipimpin oleh Ustadz M. Yasin.


Pada hari Sabtu, 11 Juli, sejak pukul 08:00 sampai menjelang isya digelar bebera cabang perlombaan:
  1. Lomba Qasidah Rebana di Pasar Sumaniak
  2. Lomba Mubaligh cilik di Masjid Baiturrahman Batang Kumango
  3. Lomba pasambahan di Kantor KAN Sumaniak di Balai Ahad
  4. Lomba penyelenggaraan Didikan Subuh di Masjid Jamik Sumaniak
  5. Lomba Hafalan Juz ‘Amma di Masjid Miftahul Jannah Tembok Goluang
  6. Lomba Puisi Da’wah di Mushallah Nurul Yaqin
  7. Lomba Footstall di Lapangan Bola Kaki Tembok Goluang.

Subuh Ahad, 12 Juli Seluruh Kafilah PKDS V melakukan Apel di Lapangan Bola Kaki Tembok Goluang, kemudian dilanjutkan dengan pawai karnaval sampai ke Masjid Jamik Sumaniak, dan ditutup dengan peengumuman juara.

JUARA LOMBA PAKET DIDIKAN SUBUH

Pelombaan Rebana

1. Rambatan
2. Salimpaung
3. Batipuh

Perlombaan Mubaligh cilik
Putra
1. Putra lintau buo
2. Tanjung palu
3. Sungai tarab

Putri
1. Batipuah selatan
2. Sungai tarab
3. V kaum

Perlombaan Pasambahan
1. Sungayang
2. Salimpaung
3. Lintau buo utara


Perlombaan Pelaksana DDS
1. Tanjung palu
2. Salimpaung
3. Batipuh


Perlombaan Tahfidz juz Amma
Putra
1. Batipuah selatan
2. Rambatan
3. Lintau buo utara

Putri
1. Batipuah selatan
2. Batipuah
3. Pariangan


Perlombaan puisi dakwah
Putra
1. Batipuah
2. Sungai tarab
3. Rambatan

Putri
1. Batipuah
2. Batipuah selatan
3. V kaum

Perlombaan Footsall
1. Litau buo
2. Tanjuang Palu

Perlombaan Pawai Takruf
1. Batipuah
2. Tanjuang palu
3. Lintau buo utara

Juara umum adalah kecamatan Batipuah. Batipuah sudah tiga kali juara umum berturut-turut dan sekarang dia mendapat tropi tetap. |Fitrayadi








-------------------------------------------------------

Lembaga Didikan Subuh (LDS) Kota Payokumbuah, gelar acara lomba Paket Didikan Subuh (PDS) tingkat Sumbar, di halaman Gedung DPRD di Jalan Sukarno-Hatta Payokumbuah, Minggu (28/12). Diperkirakan, seratusan TPA/TPSA bakal hadir dalam lomba PDS yang baru pertama kali digerlar ini.
Ketua LDS Kota Payokumbuah Drs Omay Mansur MAg menginformasikan di Balai Kota di Bukik Sibaluik Payokumbuah, Rabu (17/12), sedikitnya sudah 50-an TPA/TPSA dari beberapa kota dan kabupaten tetangga Payokumbuah yang mengatakan kepastian untuk ikut serta.

Didampingi ketua panitia Yusmi Usman BA iven ini dijelaskan Omay Mansur dalam rangkaian memperingati Hari Amal Depag ke-64, HUT Kota Payokumbuah ke-38 dan peringatan Tahun Baru Islam 1420 H Lomba ini menyediakan hadiah berupa trofi dan sejumlah Tabanas. Untuk Tabanas, masih dicari sponsornya.

Paket lomba yang digelar, meliputi MC, pembacaan wahyu Illahi dan saritilawah, adzan subuh dan do’anya, janji didikan subuh, mars didikan subuh, penampilan, nyanyi duet guru dan murid, evaluasi dan tambahan pelajaran dari guru serta ikrar didikan subuh. Lomba ini berdurasi 30 menit dengan jumlah 20 personil. (sp)sumber. posmetro Padang

SHARE

Author: verified_user

Penulis lepas, guru ngaji, da'i dan aktifis sosial

0 komentar: